Jomblo..
apa yang terletak di benak kalian klodenger kata jomblo? Yep, jomblo adalah keadaan dimana kita bebas tidak terikat dengan yang namanya "pacaran". Namun taukah kalian klo jomblo itu ternyata dapat dijelaskan lebih jauh dengan teori ekonomi..
Berdasar kajian, survey dan berbagai metodologi ternyata jomblo bisa kita pelajari lewat teori makroekonomi "unemployment/pengangguran".
Jomblo berdasar teori ini adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (baca:biasanya punya pasangan) yang sedang mencari dan belum menemukan pasangan.
secara umum jomblo ada 2 yaitu jomblo semu dan real jomblo. jomblo semu adalah seseorang yang sengaja tidak mencari pasangan untuk menghilangkan status kejombloannya itu, contoh dari jomblo semu adalah orang yang sudah dijodohkan, orang yang ngga mau mendeklarasikan status "duet"nya dan ingin tetap terlihat single, HOMO (hiii...).
sedangkan real jomblo sendiri adalah orang yang bener-bener sedang mencari tapi ga nemu pasangannya juga. tipe jomblo ini dapat dibagi lagi menjadi :
1. JOMBLO STRUKTURAL
Jomblo jenis ini disebabkan karena kualitas kita (penawaran) dgn kemauan lawan jenis (permintaan) terhadap kita tidak seimbang. Jadi, Jomblo Struktural terjadi krn apa yang kita punya (fisik dan kepribadian) tidak sesuai dgn apa yg lawan jenis inginkan.
hal ini bisa kita lihat dari cowok jelek dan cuek. sementara cewek yang kita incer tu maunya cowok yang ganteng, tajir, keren dan lain-lain. gak ketemu kan permintaan dan penawaran. jadi jomblo deh.
jomblo jenis ini juga berlaku untuk cewek. misalnya ceweknya lumayan (lumayan jelek), sementara cowok yang dia taksir itu penginnya cewek yang "asap" (smoke; baca:semok), cakep, mirip katy perry. terjadi kembali mismatch antara permintaan dan penawaran. maka jadi jomblo dah.
jomblo ini dapat diatasi dengan beberapa pendekatan, antara lain:
a) meningkatkan kualitas diri kita (penawaran) agar bisa memenuhi permintaan yang diajukan oleh lawan jenis.
b) mencari pangsa pasar baru, maksudnya kita mulai mencari pasar yang memiliki permintaan sebagaimana penawaran yang kita miliki. istilah ilmiahnya turunin standard
2. JOMBLO SIKLIS
Jomblo siklis terjadi karena keinginan orang untuk pacaran menurun di masa-masa tertentu, jadinya banyak yang jomblo. misalnya dimasa UAN atau akan ada ujian SPMB. akan ada banyak jomblo yang berkepanjangan. pada saat itu pikiran cowok dan cewek kebanyakan akan terfokus pada ujian tersebut, sehingga lebih memilih belajar daripada mengejar lawan jenis untuk menanggalkan status jomblonya. selain itu banayk juga orang yang memilih untuk menjadi jomblo (putus) agar bisa lebih fokus belajar. Maka semakin bertabahlah orang bergelar jomblo pada masa itu.
tapi jangan khawatir, sesuai dengan namanya siklis, berarti ada siklusnya. jadi akan ada saat-saat dimana orang akan segera mendapat pasangan lagi. contohnya saat iburan, orang tentunya akan mencari pasangan bisa liburan bareng. atau mungkin malah akan ada cinlok saat liburan itu.
setahu saya penyelesaian dari jomblo jenis ini cuma menunggu masa-masa orang betah jomblo itu lewat.
3. JOMBLO MUSIMAN
nah ini jomblo yang parah. jomblo ini paling banyak diidap oleh para don juan(playboy). jadi jomblo ini menganggap pacaran itu seperti musim buah-buahan. klo sedang musim rambutan ya jualan rambutan, klo musim duren jualan duren. maksudnya dalam satu tahun itu dia itu bisa bergonta-ganti status hubungan berkali-kali dan itu seperti sudah terjadwal sebagai mana musim buah. bulan pertama PDKT, bulan 2 pacaran, bulan 3 putus, bulan 4 jomblo, bulan 5 PDKT lagi. nah seperti musim uah yang yang udah jelas masanya kan.
jomblo jenis ini cuma bisa ditangkal klo sang empunya mau belajar dan mngerti komitmen, atau sudah menemukan pasangan yang benar-benar cocok.
4. JOMBLO FRIKSIONAL
Jomblo tipe ini disebabkan oleh beberapa kendala, seperti kendala waktu, informasi, geografis antara pelamar (jombloers) dengan pemberi pekerjaan (inceran). jomblo friksional ini biasa dialami oleh orang2 yang baru di PHK (putus), sehingga mereka merasa membutuhkan waktu sejenak untuk melupakan pengalaman pahit itu. Jadi seolah-olah mereka sukarela menjadi jomblo dalam beberapa waktu.
cara terbebas dari jomblo friksional? Move on dude, there are a lot of good people, just keep ur eye open
jadi tipe jomblo manakah anda?
Klasifikasi Jomblo Berdasar Teori Ekonomi
Sabtu, 04 Desember 2010
Diposting oleh
wisnu adi
di
11.42
2
komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Bagikan ke X
Berbagi ke Facebook
kenapa harus kuliah [part 1-sebenernya kita kuliah buat apa?]
Minggu, 21 November 2010
sebenernya kita kuliah buat apa?
kenapa kita kuliah di kampus kita sekarang?
apa motivasi kuliah kita?
yup, itu beberapa pertanyaan yang mungkin banyak terlintas oleh saya beberapa waktu ini dan mungkin teman-teman juga pernah berpikiran hal yang sama dengan saya...
pertanyaan yang sebenarnya sedikit retoris namun juga sangat kompleks, karena setiap orang pasti memiliki pendapat dan pandangan sendiri-sendiri dalam menyikapi pertanyaan ini..
oke, kita mulai dengan pertanyaan yang pertama
Sebenarnya kita kuliah buat apa?
mungkin sebagian besar orang akan berpendapat kalau kita kuliah supaya kita pintar karena pendidikan itu penting untuk mendapatkan pekerjaan dan setelah kita mendapat pekerjaan kita dapat memperoleh penghasilan. Dengan kata lain kita kuliah untuk dapet penghasilan (baca:uang). kalau cuma buat dapet penghasilan kenapa harus kuliah/sekolah? banyak pengusaha sukses yang tidak sekolah tinggi bisa kaya raya, memiliki penghasilan tinggi bahkan mempekerjakan banyak pegawai yang lebih "berpendidikan". oke kita tidak usah muluk-muluk memberi perumpamaan, kita lihat teman-teman kita yang bekerja sebagai pegawai pabrik, perkebunan, penjual nasi goreng, sopir dan lain-lain mereka (maaf) kebanyakan tidak berpendidikan tinggi, tidak pernah kuliah. tapi mereka bisa survive dan telah membuktikan pendidikan memiliki korelasi yang sangat kecil untuk penghasilan mereka.
selain itu ada sebuah pernyataan yang cukup menggelitik ditelinga saya. pernyataan itu menyebutkan bahwa pendidikan itu tidak penting, kita kuliah hingga belasan tahun hanya untuk menyadari bahwa pendidikan yang tinggi itu tidak punya keuntungan apa pun kalau kita tidak punya koneksi. cukup ironis, tapi itulah yang sebenarnya terjadi di hidup ini.
menurut pendapat saya pribadi kita kuliah/sekolah hanya memiliki satu tujuan. kita kuliah itu untuk membentuk pola pikir kita, mengajarkan kita untuk berpikir mengenai persoalan-persoalan dalam hidup ini.semakin lama kita menempuh pendidikan semakin kita sadar bahwa pendidikan itu tidak semata-mata untuk urusan finansial saja dan pendidikan itu semakin menempa dan membuka mata kita untuk lebih siap terjun di dunia nyata. toh kebanyakan ilmu yang kita kecap di sekolah banyak yang tidak terpakai di dunia riil, apa lagi tren yang banyak terjadi di Indonesia, antara disiplin ilmu yang dipelajari tidak ada sangkut pautnya samasekali dengan pekerjaan yang kita geluti. contohnya sarjana pertanian banyak yang memilih kerja di Bank dibanding menerapkan ilmunya unuk memajukan duna pertanian.itulah realitas yang banyak terjadi di masyarakat saat ini.jadi intinya kita
mungkin ada yang sependapat dengan saya, mungkin ada yang tidak. tapi itulah yang namanya opini, setiap orang bebas untuk memiliki pendapat sendiri.
bersambung
Diposting oleh
wisnu adi
di
21.45
2
komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Bagikan ke X
Berbagi ke Facebook
Label:
sosial
sedikit kreasi lewat notepad
Senin, 25 Oktober 2010
setelah sekian lama berkecimpung di dunia per-internet-an (padahal cuma main fb) dan sudah ikt GO_BLOG ( dipisah yoo), akhirnya saya mau sedikit berbagi kegaptekan saya..
mungki sudah banyak yang tau dan melihat ini sebagai sesuatu yang ketinggalan jaman, katro dan udik. Tapi ga pa2 lah, siapa tau ada gaptek-ers laen seperti saya.
Nah untuk kali ini saya mau coba berbagi sedikit kreasi di notepad.
nah klo teman-teman pengin buat perintah sederhana seperti itu, teman bisa membuatnya melalui notepad. langkah-langkahnya
1. buka notepad
2. ketik perintah berikut : done=msgbox("masukan kata-kata",vbYesNo, "masukan kata-kata")
3. terkhir di save as dengan nama file yang di akhiri .vbs, misal iseng.vbs
4. jadi deh
nah sekian dulu gaptek-ers, monggo dicoba
tunggu info2 gaptek selanjutnya
mungki sudah banyak yang tau dan melihat ini sebagai sesuatu yang ketinggalan jaman, katro dan udik. Tapi ga pa2 lah, siapa tau ada gaptek-ers laen seperti saya.
Nah untuk kali ini saya mau coba berbagi sedikit kreasi di notepad.
nah klo teman-teman pengin buat perintah sederhana seperti itu, teman bisa membuatnya melalui notepad. langkah-langkahnya
1. buka notepad
2. ketik perintah berikut : done=msgbox("masukan kata-kata",vbYesNo, "masukan kata-kata")
3. terkhir di save as dengan nama file yang di akhiri .vbs, misal iseng.vbs
4. jadi deh
nah sekian dulu gaptek-ers, monggo dicoba
tunggu info2 gaptek selanjutnya
Diposting oleh
wisnu adi
di
09.03
1 komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Bagikan ke X
Berbagi ke Facebook
Label:
techno
surat ini kusampaikan hanya padamu
Assalamualaikum wr.wb
Wahai gadis berkerudung ungu
Izinkan aku memulai kata kataku dengan sanjungan yang teramat besar untukmu. Sanjungan yang aku berikan hanya pada orang berhati mulia, yang di dalam jasadnya terdapat ciri-ciri nyata sebagai calon wanita penghuni surga. Sosok wanita yang ku lihat tak pernah menyerah untuk mencapai tujuan hidupnya, sosok wanita yang rela mengorbankan kepentingan individunya sebagai manusia demi kepentingan sahabat-sahabatnya tercinta.
Wahai wanita yang lidahnya terjaga
Aku tak tahu harus memulai kata kata ini darimana dan mengakhirinya dengan apa. Lidahku ini seperti terkunci oleh ketidakkuasaanku pada bibirku yang kelu kala bertemu denganmu. Keahlianku berkata-kata terganjal oleh aura cantik pekertimu yang membuatku malu oleh sifat-sifatku sendiri. Aku tak ubahnya seperti penjahat yang mencoba untuk memikat hati seorang putri kekaisaran surga.
Wahai wanita yang selalu mengingatkanku pada Tuhan
Terimakasih untuk selalu mengingatkanku untuk menundukan wajahku di hadapanNya sebagai makhluk Tuhan yang diciptakan hanya untuk menyembah kepadaNya. 24434, nomor itu yang setidaknya selalu kau ingatkan padaku setiap waktu. Kau datang bagai api yang menyalakan sumbu ketakwaan yang selama ini aku tinggalkan dengan tenang. Sebuah ritual yang dahulu pernah kulakukan dengan sempurna saat usiaku masih muda.
Wahai wanita yang memberikanku kisah jenaka
Ingatkah kau saat kita bersama di sma? Itulah pertama kalinya aku diberikan kesempatan untuk mengenalmu lebih dekat. Aku yang waktu itu benar benar buta tentangmu. Tak pernah bisa melupakan cerita jenaka yang kau buat untuk selalu ku ingat. Sebuah kisah tentang intuisi dan logika. Sebuah cerita yang sampai sekarang masih tertulis jelas dalam kisah hidupku tentang kebodohanmu dan teman-temanmu serta keegoisanku yang tak pernah mau mengalah jika terdapat sesuatu yang salah.
Wahai wanita cantik yang ingin aku dekati
Seandainya waktu berulang dari masa yang telah aku buang. Aku ingin mengenalmu lebih dekat hingga hati ini terasa lekat. Seandainya kata-kataku jujur di antara perilakuku yang kufur. Aku ingin mengatakan salam rindu untuk senyum di wajahmu. Dan seandainya tak ada seorang lelakipun yang memilikimu. Aku ingin sekali menjadi belahan jiwamu. Berikan aku kesempatan untuk itu. Kesempatan untuk menjadikanmu permaisuri di kerajaan cintaku.
Wahai gadis anggun nan menawan
Aku menyukaimu dari tatapan. Saat aku duduk dalam lingkaran. Menjadi pusat perhatian dengan ilmu yang akan kuberikan. Semua mata menuju padaku dengan penuh rasa ingin tahu. Tapi aku hanya melihatmu. Seorang gadis yang memberikan sorotan mata yang berbeda di antara beberapa pasang mata bola yang ada. Jika kau ingat masa itu. Harusnya kau tahu, aku hanya melihatmu… Hanya melihatmu…
Wahai wanita…!!! Mengapa engkau aku suka???
Jika kau kusuka karena kecantikanmu, aku pikir banyak wanita di dunia yang lebih darimu. Jika kau kusuka karena kebaikanmu, aku rasa jutaan wanita di dunia punya kelebihan itu. Jika kau kusuka karena senyum yang kau berikan, aku sangat yakin kalau seluruh wanita di dunia bisa memberikan senyuman. Tapi mengapa aku bisa menyukaimu? Mengapa di antara banyak jiwa wanita di dunia aku memilihmu untuk menjadi pendampingku? Jawabannya hanya satu. Karena kau adalah rusuk tulangku.
Wahai wanita..
Banyak orang mengatakan bahwa untuk memiliki wanita seperti Siti Khadijah, dia harus berperilaku seperti Baginda Nabi Muhammad. Kau dengan perilakumu yang islami mungkin tidak sepatutnya bersanding denganku yang berperawakan seperti penjahat dalam sel NAPI. Kau dengan kelembutanmu mungkin tak seharusnya bersamaku yang keras seperti batu. Tapi aku tak pedulikan itu. Aku tetap ingin bersamu. Menjadikanmu satu satunya ratu dalam kerajaan hidupku. Tentang pendapat orang yang kutera dalam kalimat pertama, aku yakin ada tabir Tuhan yang tak terungkap atas takdirNya pada setiap umat. Karena keyakinanku sekarang, kau adalah wanita yang akan menjadikanku berperilaku seperti Nabi Muhammad.
Wahai wanita yang kusuka…!!! Dengarkanlah aku berkata…!!!
Ku lihat engkau dari jauh. Kau berikan aku pesonamu. Kudekati engkau dengan langkahku. Kau berikan rintangan dalam setiap perjalananku. Kusapa engkau dengan senyumku. Kau berikan aku senyum terbaik dalam hidupmu. Kugapai engkau dengan hatiku. Kau berikan aku kepuasan terdalam saat aku berada di didekatmu. Kau adalah tujuanku. Setiap langkahku adalah proses yang harus kulalui untuk mendapatkanmu. Dan ketika aku telah berhasil menggapai hatimu. Saat itulah akan kuucapkan sebuah kalimat dengan suara lantang tanpa beban.
(28 APRIL 2010)
Diposting oleh
wisnu adi
di
08.31
1 komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Bagikan ke X
Berbagi ke Facebook
Label:
ceritaku
selamat datang diriku!
Minggu, 24 Oktober 2010
Selamat datang diriku!
yup setelah sekian lama hanya bengong dengan yang namanya blog akhirnya sekarang saya mulai terjun ke dunia para blogger.
saya yang keliatannya ga gaptek ini(padahal gaptek setengah idup), memutuskan mulai membuka diri dengan dunia baru yang bernama blog.
sebenarnya daridulu saya pengin blajar tentang berbagai hal tentang teknologi(tak cuma blog), namun prinsip saya yang tak mau keluar dari comfort zone(baca:terlihat gaptek) serta sejarah masalalu saya yang pernah ikut semacam lomba tentang teknologi memakwsa saya membunuh rasa keingintahuan itu.
implikasi dari sikap yang saya ambil adalah saya selalu menjadi yang terbodoh di antara sekeliling, hanya bisa manggut-manggut klo yang lain ngobrol dan mulai menghindar dan mengalihkan pembicaraan ketika mulai giliran saya untuk berbicara.
sifat saya yang sulit menerima hal baru juga membelenggu dan semakin membodohkan wawasan saya.
daridulu saya hanya punya akun email dan fb. tak pernah tau yang namanya friendster, tak kenal namanya twitter, terbengong akan my-space dan lain sebagainya
tapi dengan mulai ngeblog ini saya pengin membuka diri dan wawasan saya lebih luas
mulai belajar untuk menulis dan berbagi pikiran dan perasaan dengan orang lain.
satu pesan saya, "jadilah orang yang tau banyak tentang sedikit hal, tapi jangan lupa untuk sedikit tau tentang banyak hal."
SELAMAT DATANG DIRIKU!!
yup setelah sekian lama hanya bengong dengan yang namanya blog akhirnya sekarang saya mulai terjun ke dunia para blogger.
saya yang keliatannya ga gaptek ini(padahal gaptek setengah idup), memutuskan mulai membuka diri dengan dunia baru yang bernama blog.
sebenarnya daridulu saya pengin blajar tentang berbagai hal tentang teknologi(tak cuma blog), namun prinsip saya yang tak mau keluar dari comfort zone(baca:terlihat gaptek) serta sejarah masalalu saya yang pernah ikut semacam lomba tentang teknologi memakwsa saya membunuh rasa keingintahuan itu.
implikasi dari sikap yang saya ambil adalah saya selalu menjadi yang terbodoh di antara sekeliling, hanya bisa manggut-manggut klo yang lain ngobrol dan mulai menghindar dan mengalihkan pembicaraan ketika mulai giliran saya untuk berbicara.
sifat saya yang sulit menerima hal baru juga membelenggu dan semakin membodohkan wawasan saya.
daridulu saya hanya punya akun email dan fb. tak pernah tau yang namanya friendster, tak kenal namanya twitter, terbengong akan my-space dan lain sebagainya
tapi dengan mulai ngeblog ini saya pengin membuka diri dan wawasan saya lebih luas
mulai belajar untuk menulis dan berbagi pikiran dan perasaan dengan orang lain.
satu pesan saya, "jadilah orang yang tau banyak tentang sedikit hal, tapi jangan lupa untuk sedikit tau tentang banyak hal."
SELAMAT DATANG DIRIKU!!
Diposting oleh
wisnu adi
di
19.02
4
komentar
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Bagikan ke X
Berbagi ke Facebook
Langganan:
Komentar (Atom)


